Senin, 19 Juli 2010

TEMAN YANG KAMIL

 
Wahai murid yang budiman, hendaklah anda menitik beratkan persahabatan dengan orang-orang yang baik dan shaleh, dan selalu datang menghadiri majelis-majelis orang-orang shaleh.
 
Carilah seorang syaikh yang shaleh atau guru pembimbing yang senantiasa menasehati anda dalam urusan agama, tekun melaksanakan thariqat (jalan Allah), kenal benar akan hakikat, sempurna akal fikirannya, dan senantiasa berlapang dada, dan bijaksana mengatur dan petunjuk-petunjuk dalam semua masalah, pandai mengecam tabiat-tabiat manusia dan fitrahnya.
 
Jika anda mendapat syaikh seperti yang telah diterangkan sifat-sifatnya diatas, hendaknya anda mendampinginya. Serahkan segera urusanmu padanya. Gunakan pendapat dan petunjuknya dalam semua urusanmu. Ikutilah ia dalam segala perbuatan dan perkataannya, kecuali perkara yang khusus yang berkaitan dengan martabat dan kepangkatan sebagai syaikh, umpamanya dalam pergaulan dengan orang lain mengurusi pekerjaannya sehari-hari, dalam menyeru pada orang-orang yang dekat dan jauh kejalan Allah SWT, dalam masalah-masalah tersebut hendaklah anda setuju pada syaikhmu.
 
Jangan sekali-kali membantah apa saja, sekalipun dari masalah-masalahnya dari yang lahir maupun yang bathin. andaikata terlintas dalam hatimu satu sangkaan yang buruk, dan jika anda juga belum puas hati, hendaklah anda menerangkan secara terbuka atas perkara itu pada Syaikh, supaya ia dapat menjelaskan kepadamu keadaan yang sebenarnya. Sehingga anda terlepas dari sangkaan buruk. Hendaklah anda memberitahu kepada Syaikh segala yang berlaku atas dirimu. Terutama dalam masalah yang berkaitan dengan tujuan dirimu ke jalan Allah SWT.

[Risalatul Murid, Sayyid Al-Imam Abdullah Al-Hadad.ra]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar