Sabtu, 17 Juli 2010

JANGAN PANJANG ANGAN-ANGAN

Ketahuilah bahwa anda tiada kuasa melazimkan diri dalam ketaatan, dalam menjauhkan diri dari tuntutan syahwat, serta berpaling pada dunia serta keindahannya. Melainkan anda harus mengingatkan selalu pada diri anda sendiri, bahwa hidup di dunia ini tinggal beberapa hari saja, dan anda tidak berapa lama lagi akan menemui Allah Ta'ala. Ketika itu anda akan melihat ajalmu dihadapan mata, dan anda merasa tidak akan takut dan khawatir untuk menemui maut, dan anda tahu dan yakin bahwa maut itu bisa datang tiba-tiba bila Allah menghendaki.

Awas dan waspada dengan panjang angan-angan dan harapan untuk hidup lebih lama di dunia, sebab duĂ‚­nia akan menariknya untuk mencintainya, dan anda akan terikat (diperdaya sehingga menjadi terikat) dengannya, sehingga sukar dan sulit untuk beribadat dan mengasingkan diri untuk menuju jalan akhirat.

Kalau begitu janganlah menunda-nunda, karena maut bisa datang tiba-tiba, dan sekarang sudah waktunya bertindak lebih cepat itu lebih baik bukan ?, dengan demikian anda harus mengikuti anjuran ini, dan semoga Allah memberikan kita sekalian Taufiq-Nya.

[Risalatul Murid, Sayyid Al-Imam Abdullah Al-Hadad.ra]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar