Sabtu, 17 Juli 2010

MELAZIMKAN SHOLAT JUM'AT DAN BERJAMAAH



Wahai murid yang budiman awas jangan sekali-kali anda meninggaikan shalat Jum'at dan mengabaikan salat berjama'ah, karena yang demikian merupakan adat kebiasaan orang yang lalai, dan tanda-tanda orang tersebut bodoh dan jahil.
 
Sesudah itu hendaklah anda memelihara shalat sunat rhawatib yang disyara'kan sebelum dan sesudah shalat fardu. Kemudian anda tunaikan pula shalat witir dan dhu-ha. Jangan lupa mengisi waktu antara Maghrib dan Isya' dengan ibadat. Kemudian hendaklah anda tidak sia-siakan waktu sesudah Subuh hingga terbit matahari, dan waktu se­sudah Ashar sehingga matahari terbenam, karena kedua waktu ini adalah waktu-waktu yang mulia dimana berbagai karunia akan dicurahkan keatas hamba-hamba Allah yang memanjatkan permohonan kepada Allah Ta'ala.
 
Adapun mengisi masa sesudah subuh dengan ibadat khusus akan membawa rizki untuk lahiriyah yaitu makan dan minum untuk tubuh. Bilamana mengisi ibadah selepas Ashar yang khusus akan membawa rizki untuk bathin yaitu makanan rohani untuk hati. Hal ini telah dilaksanakan untuk diamalkan oleh orang-orang yang arif dan mempu-nyai kedudukan tinggi disisi Allah Ta'ala :
 
Didalam sebuah hadist Nabi :
Bahwa  siapa yang  terus  duduk  ditempat  shalat berdzikir pada Allah selepas shalat Subuh adalah lebih terjamin mendapat rizki, daripada orang bepergian diperantauan karena mencari rizki. 

[Risalatul Murid, Sayyid Al-Imam Abdullah Al-Hadad.ra]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar